Pengertian Sistem Operasi

Written By Putra IGP on Tuesday, February 15, 2011 | Tuesday, February 15, 2011



Adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi.
Kalau sistem komputer terbagi dalam lapisan-lapisan, maka Sistem Operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Lebih jauh daripada itu, Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem Operasi menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem file. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi mengatur skedule yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.
Dalam banyak kasus, Sistem Operasi menyediakan suatu pustaka dari fungsi-fungsi standar, dimana aplikasi lain dapat memanggil fungsi-fungsi itu, sehingga dalam setiap pembuatan program baru, tidak perlu membuat fungsi-fungsi tersebut dari awal.
Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:
  1. Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
  2. Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
  3. Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
  4. Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
  5. Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.
Sistem operasi-sistem operasi utama yang digunakan komputer sistem umum
(termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar:
  1. Keluarga Microsoft Windows – yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014)).
  2. Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
  3. Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Awal tahun 2007 direncanakan peluncuran versi 10.5 (Leopard).
Sedangkan komputer Mainframe, dan Super komputer menggunakan banyak sekali sistem operasi yang berbeda-beda, umumnya merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX, HP/UX, dll.
Prosesor mengeksekusi program-program komputer. Prosesor adalah sebuah chip dalam sistem komputer yang menjalankan instruksi-instruksi program komputer. Dalam setiap detiknya prosesor dapat menjalankan jutaan instruksi.
Program adalah sederetan instruksi yang diberikan kepada suatu komputer. Sedangkan proses adalah suatu bagian dari program yang berada pada status tertentu dalam rangkaian eksekusinya. Di dalam bahasan Sistem Operasi, kita lebih sering membahas prosesdibandingkan dengan program. Pada Sistem Operasi modern, pada satu saat tidak seluruh program dimuat dalam memori, tetapi hanya satu bagian saja dari program tersebut. Sedangkan bagian lain dari program tersebut tetap beristirahat di media penyimpan disk. Hanya pada saat dibutuhkan saja, bagian dari program tersebut dimuat di memory dan dieksekusi oleh prosesor. Hal ini sangat menghemat pemakaian memori.
Beberapa sistem hanya menjalankan satu proses tunggal dalam satu waktu, sedangkan yang lainnya menjalankan multi-proses dalam satu waktu. Padahal sebagian besar sistem komputer hanya memiliki satu prosesor, dan sebuah prosesor hanya dapat menjalankan satu instruksi dalam satu waktu. Maka bagaimana sebuah sistem prosesor tunggal dapat menjalankan multi-proses? Sesungguhnya pada granularity yang sangat kecil, prosesor hanya menjalankan satu proses dalam satu waktu, kemudian secara cepat ia berpindah menjalankan proses lainnya, dan seterusnya. Sehingga bagi penglihatan dan perasaan pengguna manusia, seakan-akan prosesor menjalankan beberapa proses secara bersamaan.
Setiap proses dalam sebuah sistem operasi mendapatkan sebuah PCB (Process Control Block) yang memuat informasi tentang proses tersebut, yaitu: sebuah tanda pengenal proses (Process ID) yang unik dan menjadi nomor identitas, status proses, prioritas eksekusi proses dan informasi lokasi proses dalam memori. Prioritas proses merupakan suatu nilai atau besaran yang menunjukkan seberapa sering proses harus dijalankan oleh prosesor. Proses yang memiliki prioritas lebih tinggi, akan dijalankan lebih sering atau dieksekusi lebih dulu dibandingkan dengan proses yang berprioritas lebih rendah. Suatu sistem operasi dapat saja menentukan semua proses dengan prioritas yang sama, sehingga setiap proses memiliki kesempatan yang sama. Suatu sistem operasi dapat juga merubah nilai prioritas proses tertentu, agar proses tersebut akan dapat memiliki kesempatan lebih besar pada eksekusi berikutnya (misalnya: pada proses yang sudah sangat terlalu lama menunggu eksekusi, sistem operasi menaikkan nilai prioritasnya).
Jenis status yang mungkin dapat disematkan pada suatu proses pada setiap sistem operasi dapat berbeda-beda. Tetapi paling tidak ada 3 macam status yang umum, yaitu:
  1. Ready, yaitu status dimana proses siap untuk dieksekusi pada giliran berikutnya
  2. Running, yaitu status dimana saat ini proses sedang dieksekusi oleh prosesor
  3. Blocked, yaitu status dimana proses tidak dapat dijalankan pada saat prosesor siap/bebas
2.1.1    Linux Ubuntu 10.10
Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian. Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd yang merupakan perusahaan milik seorang kosmonot asal Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Nama Ubuntu diambil dari nama sebuah konsepideologi di Afrika Selatan, “Ubuntu” berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti “rasa perikemanusian terhadap sesama manusia”. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.
Ubuntu memiliki Filosofi sebagai berikut :
  1. Bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya.
  2. Bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik, dan
  3. Bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mengubah perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan
2.1.2    Windows Seven
Windows 7 (sebelumnya berkodekan Blackcomb atau Vienna) merupakan versi terbaru Microsoft Windows yang akan menggantikan Windows Vista. Windows ini memiliki kernel NT 6.1. Microsoft mengumumkan bahwa pengembangan Windows 7 akan berjalan dalam tiga tahun. Versi klien dari Windows 7 akan dirilis dalam versi 32-bit dan 64-bit walaupun versi servernya (yang akan menggantikan Windows Server 2008) akan dirilis hanya dalam versi 64-bit, yang akan dinamakan Windows Server 2008 R2. Komputer akan memberitahu jika terjadi perubahan pada komputer tersebut. Windows 7 diluncurkan pada tanggal 22 Oktober 2009. Setiap pengguna akan mendapat perlindungan 3 lapis jika ada permintaan mengunduh file dari yang tak dikenal. Windows 7 didesain dengan fitur baru dan peningkatan performa dariWindows Vista.
Pada Windows 7 32 bit, jumlah memori (RAM) maksimum yang dapat dipasang hanya sampai 4 GB dan jika dalam keadaan standar sistem hanya bisa membaca RAM kurang dari 4 GB. Sedangkan untuk versi 64 bit jumlah RAM maksimum yang terpasang mencapai 192 GB. Untuk menginstal versi 64 bit tersebut harus memiliki prosesor yang memiliki arsitektur 64 bit.
2.2       Spesifikasi Minimal Perangkat Keras
Untuk dapat menginstal sistem operasi hal yang paling utama adalah kita harus memperhatikan spesifikasi perangkat keras (komputer) yang kita miliki. Dengan spesifikasi sebagai berikut.
2.2.1    Linux Ubuntu 10.10
Ubuntu 10.10 Dekstop Edition :
  1. 1 GHz x86 processor
  2. 1GB of system memory (RAM)
  3. 15GB of hard-drive space
  4. Graphics card and monitor capable of 1024 by 768
  5. Either a CD/DVD Drive or a USB port (or both)
  6. Internet access is helpful
Ubuntu 10.10 Netbook Edition :
  1. Intel Atom processor @ 1.6 GHz
  2. 512MB of system memory (RAM)
  3. 4GB of disk space
  4. Screen of 1024×600 resolution
  5. Graphics chipset with support for visual effects
2.2.2    Windows Seven
Windows Seven 32 Bit :
  1. 1 GHz 32-bit CPU
  2. 1 GB RAM
  3. Dukungan DirectX 9 prosesor grafis dengan WDDM Driver Model 1.0
  4. Kapasitas Minimum 16 GB
  5. DVD drive (untuk instalasi dari media DVD)
Windows Seven 64 Bit :
  1. 1 GHz 64-bit CPU
  2. 2 GB RAM
  3. Dukungan DirectX 9 prosesor grafis dengan WDDM Driver Model 1.0
  4. Kapasitas Minimum 20 GB
  5. DVD drive (untuk instalasi dari media DVD)

2.3       Proses Instalasi
Adalah cara bagaimana memasukan suatu sistem operasi kedalam komputer, agar suatu komputer dapat beroperasi, berikut adalah penjelasannya :
2.3.1    Linux Ubuntu 10.10
Masukkan CD/DVD installer Ubuntu 10.10 kedalam CD/DVD drive lalu restart komputer Anda. Tunggulah beberapa saat hingga installer Ubuntu selesai diload.







Tak lama kemudian anda akan disuguhi sebuah wizard instalasi. Silahkan pilih bahasa yang ingin Anda gunakan lalu klik tombol “Install Ubuntu” untuk melanjutkan…Bagi Anda yang belum ingin mengistal Ubuntu 10.10 namun ingin mencoba merasakan sistem operasi ini, klik tombol “Try Ubuntu” untuk menjalankan Ubuntu 10.10 sebagai Live CD.

Pastikan Anda memiliki semua persyaratan minimal yang dibutuhkan. Sebagai pilihan, Anda dapat men-download pembaruan saat proses instalasi dan/atau menginstal software pihak ketiga, seperti dukungan MP3, hanya dapat dilakukan jika Anda memiliki koneksi internet saat instalasi. Perlu diketahui, kalau semua pilihan itu di aktifkan maka proses instalasi akan memerlukan waktu yang lebih lama.
Mengalokasikan drive space, pada layar ini anda memiliki tiga pilihan :
Install alongside other operating systems - Instal bersama sistem operasi lain.
Pilih opsi ini HANYA jika Anda memiliki OS lain (misalnya Windows XP) telah terinstal pada komputer dan Anda ingin sistem dual boot.  Catatan: Ingat bahwa, setelah proses instalasi, boot loader Windows akan ditimpa oleh boot loader Ubuntu!!!.
Erase and use the entire disk - Menghapus dan menggunakan seluruh hardisk.
Pilih opsi ini jika Anda ingin menghapus sistem operasi yang telah ada atau hardisk masih kosong dan Anda ingin membiarkan installer secara otomatis mempartisi hardisk. Ini adalah opsi yang disarankan untuk semua pengguna, khususnya bagi mereka yang ingin sistem operasi tunggal pada komputernya.
Specify partitions manually (advanced) - Menentukan partisi secara manual (untuk tingkat mahir). Pilihan ini direkomendasikan HANYA untuk pengguna tingkat lanjut untuk membuat partisi khusus atau memformat hardisk dengan file system lain dari yang telah ditentukan. Cara ini juga dapat digunakan untuk membuat partisi /home secara terpisah yang sangat berguna jika kelak Anda menginstal ulang seluruh sistem.
Berikut adalah cara mempartisi manual:
  1. Pilih “Specify partitions manually (advanced)” lalu klik tombol “Forward”;
  2. Pastikan bahwa hardisk yang dipilih telah benar. “/dev/sda” adalah hardisk pertama. “/dev/sdb” adalah hardisk kedua pada komputer Anda. Jadi, pastikan bahwa Anda tahu mana yang ingin Anda format! Jika tidak, Anda akan kehilanganSEMUA DATA yang ada didalamnya!!!;
  3. Kami asumsikan hardisk yang Anda pilih adalah kosong (tidak ada sistem operasi lain atau data penting didalamnya) tetapi telah memiliki beberapa partisi. Pilih salah satu partisi tersebut lalu klik tombol “Delete”. Lakukan langkah ini untuk partisi lain pada hardisk yang telah dipilih hingga semua partisi dihapus dan Anda memiliki sebuah “free space” tunggal;
  4. Pilih pada ruang kosong tersebut, klik tombol “Add”. Pada jendela baru, masukkan nilai 2048 dalam kotak “New partition size in megabytes” lalu pilih opsi “swap area” pada menu dropdown “Use as”. Klik tombol OK, dalam beberapa detik Anda akan melihat sebuah partisi “swap” sesuai dengan ukuran yang telah ditetapkan;
  5. Pilih pada ruang kosong yang masih ada, klik tombol “Add”. Pada jendela baru, pilih opsi “Primary”, masukkan nilai antara 10.000 sampai 50.000 dalam kotak “New partition size in megabytes” lalu pilih “/” pada menu dropdown “Mount point”. Klik tombol OK, dalam beberapa detik Anda akan melihat sebuah partisi “ext4 /” sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan;
  6. Pilih pada ruang kosong yang masih ada, klik tombol “Add”. Pada jendela baru, pilih opsi “Primary”, masukkan nilai antara 30.000 sampai 50.000 (atau seberapapun sisa ruang hardisk yang masih ada) dalam kotak “New partition size in megabytes” lalu pilih “/home” pada menu dropdown “Mount point”. Klik tombol OK, dalam beberapa detik Anda akan melihat sebuah partisi “ext4 /home” sesuai dengan ukuran yang telah Anda tentukan.
Tabel partisi hardisk akan terlihat seperti contoh berikut ini.
Peringatan: Pada langkah ini, semua isi hardisk akan dihapus dan tidak dapat dikembalikan lagi.. Klik tombol “Install Now” untuk melanjutkan proses instalasi.

Catatan: Pada langkah ini hardisk akan dihapus lalu dipartisi, data pada CD akan disalin kedalam hardisk dan Anda dapat sedikit bersantai sambil memasukkan informasi yang diperlukan.Where are you? – Di mana Anda berada?
Layar ini akan menampilkan peta bumi. Setelah memilih lokasi tempat tinggal Anda, waktu sistem akan disesuaikan secara otomatis. Anda dapat menentukan lokasi Anda dengan meng-klik pada peta atau cukup ketik nama kota dalam kotak dibawahnya. Klik tombol “Forward” setelah Anda menentukan lokasi yang diinginkan.
Keyboard layout. Pada layar ini, Anda dapat memilih susunan keyboard yang diinginkan atau biarkan dalam pilihan default. Anda juga dapat mengklik tombol “Figure Out Keyboard Layout” untuk indentifikasi yang lebih baik dari layout keyboard Anda. Klik tombol “Forward” jika Anda telah selesai menentukan konfigurasi keyboard.
Who are you? – Siapakah Anda?Pada layar ini, Anda harus memasukkan informasi yang sesuai. Isi kolom dengan nama asli Anda, nama komputer (secara otomatis terisi, tetapi bisa Anda ubah), nama yang Anda gunakan untuk login (disebut juga “username“, yang akan diperlukan untuk login ke sistem) dan password yang ingin Anda gunakan.Masih pada langkah ini, ada sebuah opsi bernama “Log in automatically“. Jika Anda memilih opsi itu, Anda akan secara otomatis login ke desktop Ubuntu. Opsi lainnya, “Encrypt my home folder“, ini akan mengenkripsi instalasi Ubuntu (jika Anda tidak tahu manfaatnya, sebaiknya jangan aktifkan opsi ini). Klik tombol “Forward” untuk melanjutkan.
Pada tahap ini Ubuntu 10.10 (Maverick Meerkat) akan diinstal.
Setelah 10 sampai 15 menit (bergantung pada spesifikasi komputer Anda), jendela pop-up akan muncul yang memberitahukan bahwa instalasi telah selesai, Anda harus me-restart komputer untuk dapat menggunakan sistem operasi Ubuntu yang baru saja diinstal. Klik tombol “Restart Now“.
CD/DVD instalasi akan dikeluarkan, ambil CD/DVD itu lalu tekan “Enter” untuk me-reboot. Komputer akan di-restart dan dalam beberapa detik Anda akan melihat boot splash Ubuntu.
Pada layar login, klik username lalu masukan password Anda. Klik tombol “Log In” atau tekan Enter untuk log in.
Desktop Ubuntu 10.10 (Maverick Meerkat) telah siap Anda gunakan.
Akhirnya kita dapat mencicipi “keringan” Ubuntu 10.10. Ubuntu 10.10 a.k.a Maverick Meerkat diambil dari nama hewan yang dikenal dengan keringanannya yang membuat Ubuntu terinspirasi mengambil nama tersebut untuk dijadikan versi teranyarnya J.

2.3.2    Windows Seven
Menginstal Windows Seven tergolong lebih mudah jika dibandingkan dengan Windows XP. Karena tampilan GUI-nya membuat kita mudah mengerti, sekalipun kita baru pertama kali mencoba menginstal sistem operasi.
Masukan DVD Installer Windows Seven, Restart komputer buah setting boot di BIOS menjadi DVD-Rom sebagai primary.
Setelah itu kita dibawa kekotak wizard setting instalasi. Isikan sesuai dengan pilihan yang ada.
Pilih “Instal Now”
Centang tanda persetujuan , next.
Pilih costum.
Pilih Partisi yang tersedia untuk menginstal.
Jika ingin membuat partisi kita dapat memilih advance option. Dengan mudah kita dapat membuat partisi, memformat hdd, atau bahkan menghapus partisi, jika dibanding dengan Ubuntu lebih mudah membuat partisi di 7.
Jika sudah klik next dan kita tinggal menunggu manis J.
Setelah beberapa saat menunggu masukan nama User yang kita kehendaki.
Disini merupakan letak perbedaan yang sangat mencolok dengan rival nya Ubuntu. Seven meminta lisensi, dan lisensi kita dapat dengan cara membeli ATAU MEMBAJAK!!
Seting Zona waktu.
Tinggal kita tunggu.
Windows 7 terinstal.
Proses Instalasi 7 dengan Ubuntu 10.10 relatif memakan waktu yang sama. Dapat kita lihat perbedaan yang mencolok dari proses instalasi adalah saat instalasi seven meminta kode lisensi. Yang menegaskan bahwa Sistem Operasi ini Komersil atau berbayar. Lain dengan Ubuntu yang berjalan dijalan “gratis”
2.4       Lisensi
Seperti yang sudah disinggung diatas terdapat perbedaan yang sangat “TERANG” antar Ubuntu dengan Windows Seven.
Linux Ubuntu merupakan Sistem Operasi yang memberikan segalanya dengan cuma – cuma, bahkan dapat dikembangkan lagi dengan versi lain. Dipasaran banyak Linux Distro yang cukup terkenal seperti Linux Sabili , Linux BlankOn Sajadah yang keduanya merupakan Linux yang ditujukan khusus untuk kaum muslim J.
Gratis, menumbangkan kebebasan seperti nya kurang pas jika disangkutkan dengan linux, karena pada dasar nya linux berkembang dengan cepat, dan memudahkan para pengunanya dalam hal pembaharuan versi secara distro.
Tapi bagaimana produsen perangkat keras lainnya menganggap linux?? Dalam hal ini user linux akan sedikit mengalami “masalah” dalam artian ketika kita ingin menambahkan perangkat keras berupa Printer atau sekedar Flashdisk, akan susah untuk mencari driver agar komputer dapat men-detect perangkat keras tersebut.
Windows Seven merupakan pembaharuan dari Windows Vista dan Seven sukses mengantikan kakak nya tersebut. Menampilkan efek yang lebih bagus dengan spesifikasi yang lebih “merakyat” membuat seven mudah untuk disukai. Dalam pasar Seven lebih bertarung dengan kakak diatas nya, Windows XP. Tapi menurut berita yang secara resmi sudah dikeluarkan oleh Windows, masa berlaku XP akan habis ketika masuk tahun 2012. Seakan mengkuatkan diri sebagai produk terbaik seven akan melaju kencang.
Seven merupakan Sistem Operasi berbayar, dengan sistem yang meyatakan diri sebagai sesuatu yang “Mahal”. Seven sepertinya tidak ingin mengecewakan para pembelinya. Tapi bagaimana dengan pembelinya?? Apakah menyukai keadan “mengali kantung” ini??. Seperti nya para penguna komputer di Indonesia lebih menyukai sistem operasi dengan dukung yang lengkap seperti Seven tapi “FREE” seperti Ubuntu. “BAJAKAN” ya pada akhirnya banyak para penguna komputer lebih memilih mengunakan versi bajakan dengan harga murah, fitur sama tapi itu merupakan hal illegal.
Ketika komputer hanya digunakan secara pribadi (Komputer Rumah) lisensi bukan suatu hal yang penting sehingga dengan mudah penguna pun memilih versi bajakan yang lebih bersahabat dengan saku J. Tapi untuk Instasi arau kantor – kantor besar pasti akan membeli versi asli karena keabsahan suatu hak paten yang dipakai dalam suatu bisnis kerja J.
Pada dasarnya kembali lagi pada kesadaran penguna untuk menghargai suatu “masterpiece” dengan bayaran setimpal atau mengasah sesuatu yang gratis tapi memiliki keterbatasan menjadi sebuah “Newpiece no price”
2.5       Versi – Versi Yang Terdapat Dipasaran
Sebelum mencapai versi Maverick Meerkat atau Ultimate , kedua sistem operasi ternama ini mengeluarkan beberapa versi diatas nya, sebagai berikut :
2.5.1    Linux Ubuntu 10.10
Setiap rilis mempunyai nama kode dan nomor versi. Nomor versi berdasarkan tahun dan bulan dari rilis. Sebagai contoh, rilis Ubuntu yang pertama, 4.10, dirilis tanggal 20 Oktober 2004. Rilis ubuntu keluar setiap 6 bulan sekali tiap bulan April dan Oktober. Rilis ubuntu biasanya terdiri dari berbagai edisi, yaitu edisi Desktop, Server, dan Netbook. Perbedaan mendasar pada ketiganya adalah pada versi desktop terdapat tampilan desktop manager sedangkan pada edisi server tidak ada, hanya command prompt saja.
Daftar rilis Ubuntu yang telah dirilis dan yang direncanakan untuk dirilis:
Release code Ubuntu terdiri dari dua kata yang berupa adjective (kata sifat) yang diikuti dengan nama hewan yang disusun secara alphabetis setiap rilisnya, kecuali versi 6.06 ke bawah (4.10; 5.04; 5.10). Misalnya Hardy Heron, terdiri dari kata sifat hardy (Bold; brave; stout; daring; resolute; intrepid.[1913 Webster]) dan heron (sejenis burung).
CD Ubuntu dapat diperoleh secara bebas/gratis dalam bentuk iso maupun kepingan cd melalui shipit. Bagi pengguna Internet di Indonesia dapat mengunduh berkas Ubuntu lebih cepat dari cermin-cermin yang ada di Indonesia dibandingkan mengunduh dari situs luar.

2.5.2    Windwos Seven
Windows 7 memiliki 6 versi yang sama dengan Windows Vista. Hanya saja ada perbedaan nama, jika Windows Vista memiliki versi Business maka pada Windows 7 versi tersebut dinamakan Professional.
  1. Windows 7 Ultimate
  2. Windows 7 Professional
  3. Windows 7 Enterprise
  4. Windows 7 Home Premium
  5. Windows 7 Home Basic
  6. Windows 7 Starter
Windows Ultimate merupakan pimpinan diantara beberapa versi dibawahnya. Dengan dukungan beberapa fungsi tambahan seperti widget, themes yang dapat di personafikasi sesuka penguna, dan wallpaper slide yang memungkinkan wallpaper berganti sesuai jeda waktu dan gambar yang termasuk dalam themes, simple namun menghibur.

2.6       Tanding Perangkat Lunak
Sofware atau perangkat lunak merupakan “bumbu” dalam pengoperasian komputer, tanpa ada nya perangkat lunak khusus komputer hanya merupakan perangkat keras yang tidak dapat mengeksekusi banyak file walaupun telah diinstal sistem operasi sekalipun maka dari itu
2.6.1    Perangkat Olah Dokumen
Mengedit atau membuat suatu dokumen adalah salah satu pekerjaan utama komputer, ketika kita ingin membuat tugas sekolah ataupun kantor, hal yang terpikirkan adalah menyalakan komputer. Berkembang teknologi yang semakin maju membuat kemudahan tersersendiri dalam membantu tugas manusia.
Dalam kategori Perangkat Olah Dokumen ini, penulis membandingkan OpenOffice 3.2.1 sebagai jagoan dari keluarga Linux Ubuntu 10.10 dengan Microsoft Office 2010 dari kubu lawan Windows Seven.
Lagi, ketika kita menginstal Office 2010 , kita akan dimintai kode lisensi, yang menandakan perangkat lunak ini berbayar. Tapi bukan hanya dengan membayar kita dapat mengunakannya, nyatanya ketika kita mencari “Crack Office 2010” pada mesin pencari, hasilnya akan sangat banyak woow.J
Berbeda dengan OpenOffice 3.2.1 , kita tidak memerlukan lisensi bahkan kita dapat mengunduhnya secara cuma – cuma, pada saat proses instalasi selesai kita hanya dimintai untuk registrasi online. Hanya dengan registrasi kita bebas mengunakannya J
Lalu fitur – fitur apa saja yang dipack kedalam dua perangkat lunak ini apakah sudah memenuhi kebutuhan para penguna, sejauh mana perbedaan gratis dan berbayar dalam kasus kali ini, langsung kita ungkap :
Secara keseluruhan memiliki fitur bahkan tampilan yang sama, mudah dimengerti dengan icon – icon yang berwarna dan membantu. Dalam pengunaannya sendiri penguna dapat dengan mudah memilih bentuk project apa yang akan dibuat. Karena ketenaran yang lebih mempublik Office 2010 tidak akan membuat pusing pengunanya, berbeda dengan OpenOffice yang menamai Impress sebagai pengolah media presentasi (Dioffice 2010 disebut Power Point). Satu yang hal menarik yang disediakan OpenOffice 3.2.1 Math. Math bertugas untuk mengerjakan hitungan dengan rumus rumit tingkat atas, buat para pelajar pasti akan sangat membantu sekali dalam mengerjakan tugas.
Walau secara garis besar memiliki fitur bahkan tampilan yang nyaris sama tetap saja keduanya memiliki hal yang berbeda, Yap benar ekstensi file yang telah dikerjakan untuk kedua perangkat lunak ini memiliki perbedaan, dan yang mengejutkan untuk OpenOffice 3.2.1 dapat membuka file Offie 2003-2007 merupakan nilai tambah untuk sebuah perangkat lunak bergelar gratis J , berbeda dengan Office 2010 yang hanya dapat membaca dan mengedit file yang dibuat dari keluar Office, dikarena Office 2010 merupakan perangkat lunak berbayar itu akan membuat batasan dalam eksekusi file dikhususkan hanya sesama J.
Dapat dilihat OpenOffice(bawah) memiliki file save ekstensi lebih banyak dibandingkan dengan lawannya.
2.6.2    Web Browser
Memuncaknya dunia maya dengan maraknya jejaring sosial membuat setiap sistem operasi menanamkan perambah dunia maya ini kedalam sistem instalasinya. Pada dasarnya para penguna ingin menikmati web browser yang sudah memiliki kemampuan diatas rata – rata dari mulai sistem kompres data tingkat tinggi hingga menampilkan halaman web berat sekalipun dengan sempurna.
Dalam ketegori ini kita akan membandingan Mozilla Firefox 3.6 dari keluarga Ubuntu 10.10 , ketika kita menginstal Ubuntu 10.10 otomatis kita akan medapatkan Mozilla Firefox 3.6 sebagai browser utama kita. Internert Explorer 8 merupakan bawaan dari Windows Seven.
Lagi, ketika dicoba Mozilla Firefox dapat bekerja lebih cepat dibanding Internert Explorer 8. Ini merupakan keunggulan bagi para pengguna Linux Ubuntu 101.10. Walaupun sejatinya Mozilla Firefox dapat diinstal juga di Windows Seven bahkan dengan versi yang lebih tinggi Mozilla Firefox 4 Beta. Kekurangan yang bukan masalah besar untuk Seven. Karena diseven kita juga bisa menambahkan Opera Browser yang memiliki managemen data yang baik (Ubuntu) dan Google Chrome yang memiliki akselerasi tinggi J.
Dan semua browser ini dapat kita unduh dengan cuma – cuma tanpa berbayar alias gratis J.
2.6.3    Perangkat Multimedia
Sejatinya komputer bukan hanya media “sibuk” yang digunakan untuk mengerjakan pekerjaan berat. Sejalannya perkembangan komputer juga mulai “mempercantik” sisi hiburan. Dimulai dengan Media Player kedua kandidat kita memiliki Player yang menarik dan mudah dioperasikan. Kekayaan dalam membaca file dan Pengaturan file music berdasarkan judul, ataupun penyanyi, sangat simple tapi membantu. Tidak sampai file ekstensi music tetapi perkembangan multimedia komputer sudah mencapai tampilan video dengan high definition. Sehingga akan membuat pengguna menjadi “betah” dalam menikmati nya. Terlebih untuk komputer – komputer kelas atas yang sudah menanamkan VGA card secara terpisah akan membuat tampilan jauh lebih kaya. Editor gambar juga merupakan yang perangkat lunak yang mulai banyak digemari para pengguna komputer.
Berikut beberapa ulasan dari perangkat lunak multimedia :
Tampilan diatas merupakan tampilan multimedia dari Linux Ubuntu 10.10 dan Windows Seven. Untuk Media Player Seven menyediakan Media Player dengan efek animasi dan warna yang memukau. Namun Linux Ubuntu 10.10 tindak ingin kalah dengan memberikan kemudah koneksi kepiranti lain seperti ponsel Apple dan Android membuat sinkron data di Linux akan menjadi hal yang mudah J. Dari segi pelengkap ataupun kualitas kedua Sistem Operasi memiliki perangkat lunak tambahan yang berfariasi dan memukau penggunanya J. Untuk FotoEditor Ubuntu menjagokan GIMP yang notabennya memiliki kemampuan yang sama dengan Photoshop J.
2.6.4    Program Untuk Membuat Program
Pengertian mudahnya adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat sebuah perangkat lunak dengan bentuk baru. Sebagai contoh pada Windows kita mengenal Visual Basic, sedangkan pada Linux kita akan di sungguhkan dengan perangkat lunak bernama Gambas.
Dari segi tampilan kedua nya memudahkan pengguna dalam membuat suatu project untuk lebih lanjutnya dijadikan suatu perangkat lunak yang baru. Kemudahan yang didapat keduanya mengunakan sistem GUI tapi bagaimana dengan skrip coding program yang dibuat? Tentu itu akan berbeda, dan yang menjadi masalah adalah ketika kita kita mengerti dengan bahas program yang kita gunakan sama saja membawa senjata untuk berburu tanpa peluru. Visual Basic lebih mudah untuk sisi penulisan coding dikarenakan Visual Basic sudah dikenal dan banyak materi pembelajaran yang bisa kita dapat. Bagaimana dengan Gambas?? Jarang nya perangkat lunak ini terdengar membuat materi –materi tentang perangkat lunak satu itu susah dicari dan akan menimbulkan masalah bagi orang wam yang ingin belajar pemerograman J.
2.7       Perangkat Keras Tambahan dan Driver
Komputer merupakan perangkat social yang dalam pengunaanya banyak bertinteraksi dengan perangkat keras lainnya. Ketika sebuah perangkat keras ditambahkan ke dalam kekomputer, komputer membutuhan driver sebagai media pengenal agar kedua perangkat keras dapat terhubung.
Untuk Windows Seven perangkat keras tambahana berupa apapun bukan kendala karena dengan mudah kita akan mendapatkannya ketika membeli produk tersebuk. Contoh ketika kita membeli printer atau modem kita akan mendapatkan driver pada ssat pembelian produk sehingga tidak akan menjadi kendala bagi pengguna sistem operasi ini. Pada saat penginstalan Sistem Operasi dengan mengunakan Windows Seven kita tidak perlu repot lagi menginstal driver sound atau pun wireless lan (wifi) karena sudah tersedia didalam sistem operasi yang kita instalkan, semakin memudahkan pengguna.
Berbeda dengan Linux Ubuntu 10.10 ataupun dengan keluarga linux lainnya. Untuk sisi penambahan perangkat keras seperti modem ataupun printer akan sedikit menimbulkan masalah karena masih sangat jarang, modem ataupun printer yang mendukung sistem operasi linux , walaupun ada jumlah nya sedikit membuat linux memjadi sistem operasi terbuka yang terasa tertutup. Berkembangnya Linux berkembang pula driver – driver yang kita butuhkan, kita dapat mencari di web – web resmi komunitas linux, dan jika beruntung kita akan mendapatkan driver yang cocok. Itu harus dengan kerja keras dan usaha yang cukup panjang. Kekurang ini yang membuat Linux kurang popular secara global.
Dan untuk bagian satu ini Linux harus mengakui kehebatan keluarga Windows.
2.8       Jaringan Local Area Network
Dengan alasan kemudahan maka dizaman yang maju ini komputer kita lagi menjadi bagian yang berdiri sendiri. Komputer harus terhubung dengan komputer lainnya untuk mempermudah interaksi antar komputer. Dengan adanya metode Server – Client kita dapat dengan mudah bertukar data antar komputer lain. Dan metode ini sudah mutlak digunakan didalam dunia perkantoran sehingga Sistem Operasi wajib meng-Cover kemapuan jaringan ini. Dalam pembahasan kali ini penulis akan membahas dengan jaringan yang ruang lingkupnya terkecil, LAN atau Local Area Network jaringan yang beridiri dalam satu ruangan. Contoh : Warnet atau Suatu Divisi kerja didalam suatu perusahan.
Windows Seven sudah menganut IPV6 settingannya pun dapat dengan mudah dilakukan karena pengguna hanya akan dihapkan dengan pilihan – pilihan simple dan tombol next , next, next, dan akhirnya finish J. Berdeda dengan Linux Ubuntu 10.10 yang bermain dalam kawasan terminal. Akan sedikit membinggunkan bagi orang awam yang akan belajar jaringan, tapi membawa tantangan tersendiri J.
Kita akan langsung membahas cara mengkoneksikan jaringan LAN, dimulai dengan Linux Ubuntu 10.10, walaupun bisa disetting mengunakan applet, ternyata pengaturan melalui terminal akan lebih mudah untuk dilakukan walaupun notabennya akan lebih rumit dibanding dengan Windows J.
Seperti yang tertera pada gambar diatas, pertama – tama kita harus masuk kedalam root, ketika perintah yang tertera pada langkah pertama. Langkah berikutnya masuklah kedalam user yang telah kita buat. Setting IP Client dan masukan Subnetmasknya. Tahap berikutnya kita mensetting gateway masukan Ip address yang dijadikan gateway, Kemudian setting DNS server ikuti perintah gambar keempat jaringan. Jika semuanya sudah disetting tekan CTRL + O enter, kemudian CTRL + X. Komputer berhasil terkoneksikan J. Untuk mengirim file atau menerima file dari terminal diperlukan perintah – perintar tambahan lagi J.
Bagaimana dengan Seven yang berasal dari keluarga Windows ??.
Pertama klik kanan pada gambar network seperti gambar di bawah ini.
Lalu klik “Open Network and Sharing Center”.
Kemudian pilih “Change adapter setting”.
Setelah memilih Change adapter setting, lalu klik kanan pada Local Area Connection kemudian pilih Properties.
Setelah masuk ke Local Area Connection Properties, kemudian klik 2 kali pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4).
Selanjutnya klik Start Menu, kemudian klik kanan pada My Computer lalu pilih Properties.
Lalu klik Change setting untuk masuk ke System Properties My Computer.
Setelah masuk ke System Properties, kemudian klik Change untuk merubah nama computer dan workgroupnya.
Kemudian ubahlah nama workgroupnya menjadi KELOMPOK7. Jika komputer ingin saling terkoneksi, maka komputer yang lain pun harus mengubah nama workgroupnya menjadi KELOMPOK7.
Kemudian akan keluar sebuah validasi yang menandakan bahwa kita sudah berhasil mengubah nama workgroupnya, lalu klik OK. Contohnya seperti gambar di bawah ini.
Setelah anda memilih OK, lalu akan keluar sebuah validasi lagi yang dimana kita harus merestart komputer untuk menyimpan semua pengaturan yang tadi sudah lakukan sebelumnya.
Klik Close untuk melanjutkan ke proses berikutnya.
Kemudian akan keluar lagi sebuah validasi yang mengharuskan kita untuk merestart komputer agar tidak terjadi kesalahan kembali. Lalu klik “Restart Now” agar komputer merestart dan memulai pengaturan baru yang sudah kita lakukan sebelumnya.


Sumber :
http://bojalinuxer.blogspot.com/2010/11/cara-menginstal-ubuntu-1010-dalam.html
http://bojalinuxer.blogspot.com/2010/10/cara-menginstal-ubuntu-1010-maverick.html
http://www.paidjo.web.id/ubuntu-vs-windows-vista-vs-windows-7/
http://unyukid.web.id/extras-ubuntu/
http://unyukid.web.id/vlc-1-1-5-untuk-juliamaverick-offline-installer/
http://unyukid.web.id/movie-player-untuk-linux-offline-installer/
http://www.oji-punya.com/blog/107/cara-install-ubuntu-10-10-dual-boot-dengan-windows-7.html
http://www.oji-punya.com/blog/92/cara-upgrade-ubuntu-10-4-ke-10-10.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasi
http://id.wikipedia.org/wiki/Ubuntu
https://help.ubuntu.com/community/Installation
https://help.ubuntu.com/community/Installation/SystemRequirements
http://waroeng-ubuntu.blogspot.com/2010/08/blankon-sajadah-distro-untuk-kaum.html
http://waroeng-ubuntu.blogspot.com/2010/10/yang-harus-dilakukan-setelah-install.html
http://waroeng-ubuntu.blogspot.com/2010/10/review-ubuntu-1010.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Windows_7
http://windows.microsoft.com/en-US/windows7/products/system-requirements
http://www.techtalkz.com/windows-7/514412-windows-7-installation-guide-tutorial.html
http://www.techtalkz.com/windows-7/515088-windows-7-installation-guide-tutorial-part-2-installation.html
http://www.techtalkz.com/windows-7/515091-windows-7-installation-guide-tutorial-part-3-post-install-setup-configuration.html
http://www.techtalkz.com/windows-7/515092-windows-7-installation-guide-tutorial-part-4-windows-7-desktop-first-look-activation.html

0 comments:

Post a Comment